Sinkronisasi Kegiatan PPA

         Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY melakukan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan bidang Perlindungan Perempuan dan Anak tahun 2023, dengan Dinas Sosial PPPA Kabupaten Kulon Progo, yang dilaksanakan di Ruang Kepala Dinas Sosial PPPA. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan maksud dan tujuan, kegiatan yang dilaksanakan oleh DP3AP2 DIY dapat berkolaborasi, bersinergi dengan kegiatan yang telah direncanakan oleh Kabupaten/Kota dalam upaya perlindungan perempuan dan anak , serta upaya pemenuhan hak Anak dan Perlindungan khusus anak. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Perempuan dan Anak DP3AP2 DIY, Zuli Marpuji astuti, SS. M.Si. beserta Sub koordinator Perlindungan Perempuan, beserta personil dari Sub Koordinator Pemenuhan Hak Anak.

            Kegiatan yang direncanakan  oleh DIY dan Kabupaten Kulon Progo secara garis besar, adalah : Perlindungan Perempuan dan Anak, dalam pendampingan kasus dan layanan tetap berjalan sesuai dengan kebutuhan korban, serta penguatan kapasitas SDM bagi anggota Forum atau jejearing penanganan kasus KtPA. Dalam tahun 2023, kegiatan dari DP3AP2 DIY bersumber dari APBD, Dana keistimewaan dan DAK non fisik dari kementerian PPPA. Program kegiatan di bidang pemenuhan hak anak, antara lain: penguatan dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak dan Kegiatan Anugerah Anak Jogja yang dapat mendukung penilaian evaluasi KLA tahun 2023.

             Tahun 2023 bidang PPA, merencanakan kegiatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, seperti : Sosialisasi, KIE, Pelatihan Konvensi Hak Anak dalam upaya mewujudkan Satuan pendidikan Ramah Anak (SRA) , pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah di wilayah yang aka kemiskinannya masih tinggi berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS). Dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (KtPA) , Kabupaten Kulon progo mengoptimalkan P2TP2A secara berjejaring dengan OPD/lembaga terkait dengan Perlindungan perempuan dan anak, seperti " FPKK maupun lembaga lainnya.

              DP3AP2 DIY pada tahun 2023 tetap melanjutkan penguatan pembentukan FPKK di Kalurahan yang termasuk dalam kategori Desa Mandiri Budaya , dimana nanti DIY akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial PPPA dalam memfasilitasi pembentukan dan penguatan FPKK tersebut.