Rakor Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak tahun 2023

           Dalam rangka menghadapi Evaluasi Kabupaten Layak Anak tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 92/A/2022, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak pada tanggal 12 Januari 2023 bertempat di Aula Adikarta Gedung Kaca Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut Penjabat Bupati Kulon Progo ( Drs. Tri Saktiyana, M.Si. ), Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak ( Kepala Bappeda ) dan segenap anggota Gugus Tugas KLA, Forum Anak dan Pendamping KLA AM. Eko Pitono Novianto dari PBMM Mitra Anak Sejati.

          Kabupaten Layak Anak adalah Kabupaten dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Dalam penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak, meliputi  24 indikator yang terbagi dalam 5 Klaster. Klaster I Hak sipil dan kebebasan, Klaster II Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan alternatif, Klaster III Kesehatan dasar dan kesejahteraan, Klaster IV pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, Klaster V perlindungan Khusus. Serta Desa Layak Anak dan kecamatan Layak Anak.

           Pada kesempatan ini juga, dilakukan penyerahan tropi/piala dan piagam penghargaan KLA dari Kementerian PPPA RI kategori Madya untuk penilaian KLA pada tahun 2022. Penyerahan tropi dan piagam penghargaan dari Kepala Dinas Sosial PPPA kepada Pj Bupati Kulon Progo dengan didampingi oleh Fokopimda ( Pengadilan Negeri dan kejaksaan Negeri Wates ) serta Ketua TP PKK dan Ketua Gugus Tugas KLA Drs. Eka Pranyata ( Plt Kepala Bappeda ).

             Pada sambutan pengarahan Penjabat Bupati Kulon Progo disampaikan bahwa semua OPD, dan lembaga yang termasuk dalam Gugus Tugas KLA, diharapkan mempunyai komitmen bersama dalam mewujudkan Kulon Progo Layak Anak dalam Kategori Utama, minimal dapat mencapai Kategori Nindya di tahun 2023. Sinergitas antar OPD dan elemen masyarakat Kulon Progo dapat mendukung pencapaian Kabupaten Kulon Progo Layak Anak.

# Perempuan Berdaya, Anak terlindungi, Kulon Progo Maju.