Dinas PPPA Kabupaten Indragiri Hulu Studi Referensi ke Dinas Sosial PPPA Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Kulon Progo  menerima kunjungan studi referensi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau pada Kamis (15/12/22).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu,  Evi Irma Junita, SKM.,M.Kes sebagai ketua rombongan menyampaikan bahwa tujuan melaksanakan studi referensi di Kulon Progo yaitu ingin belajar terkait  pelaksanaan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Kulon Progo. Studi Referensi ini dilakukan karena Kabupaten Kulon Progo sudah lebih dahulu melaksanakan program DRPPA. Dari segi kewilayahan dan sosial kemasyarakatan, Kabupaten Kulon Progo hampir sama dengan Kabupaten Indragiri Hulu.

“Kabupaten Kulon Progo dijadikan Pilot Project Program DRPPA oleh Kementerian PPPA bersama Kabupaten Sleman Provinsi DIY. Selanjutnya Bupati Kulon Progo menetapkan Kalurahan Banjarharjo Kalibawang dan Kalurahan Tanjungharjo Kapanewon Nanggulan sebagai Kalurahan Pelaksana Program DRPPA,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, Drs. Yohanes Irianta M.Si dalam sambutannya ketika menerima kunjungan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu.

Beliau juga menyampaikan bahwa Program DRPPA di launching di Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 12 November 2022, oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Ibu Bintang Puspayoga, di Kalurahan Banjarharjo Kapanewon Kalibawang. Sebagai tindak lanjut launching DRPPA tersebut telah dilaksanakan Pelatihan Fasilitator Daerah Rembug Kalurahan dan Pembentukan Relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak).