Pelatihan Simfoni PPA dan SUGA

Pencatatan dan pelaporan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak , dilakukan oleh petugas data di masing-masing lembaga layanan penanganan KtPA di DIY melalui aplikasi SIGA ( Sistem Informasi Gender dan Anak ) DIY, selain aplikasi dari kementerian PPPA yaitu Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak ( Simfoni  ) PPA. Untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan bagi petugas data di lembaga Layanan, pada tanggal 16 Agustus 2022 Dinsos PPPA melaksanakan kegiatan Pelatihan Sistem Pencatatan dan pelaporan penanganan data KtPA dengan menghadirkan petugas data dari Dinas Kesehatan , yaitu Petugas dari 21 Puskesmas di wilayah Kulon Progo. Sebagai narasumber pada acara tersebut adalah : 1. Arif Nasiruddin, S.Psi. MA. dari DIGSA DP3AP2 DIY   dengan materi "Pencatatan dan pelaporan Penanganan KtPA di DIY melalui SIGA DIY "    dan 2. Dra. Yohana Santri Roestriyani, dari Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2 DIY dengan materi " Kebijakan DP3AP2 DIY dalam Pencegahan dan penanganan KtPA di DIY.

Dalam kesempatan ini, peserta diberikan username dan password untuk petugas data, yang dapat dipakai dalam pencatatan dan pelaporan penanganan KtPA, yang mencakup layanan yang telah diberikan oleh Puskesmas dalam penanganan KtPA. Apabila mengalami kesulitan atau permasalahan dalam entry dalam aplikasi baik SIGA DIY maupun Simfoni PPA, Petugas data dari Puskesmas dapat berkoordinasi/berkonsultasi dengan admin kabupaten yaitu di Sekretariat P2TP2A Kulon Progo, dengan nomor 0274 - 775 229.

Diharapkan dengan pelatihan kepada petugas data di Puskesmas, akan mempermudah dalam proses input dan pelaporan penanganan KtPA yang telah dilakukan oleh Puskesmas, termasuk ketika melakukan layanan lanjutan ataupun Rujukan bagi korban kekerasan.