Verifikasi Lapangan dalam Rangka Penerimaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

Dalam rangka evaluasi pelaksanaan pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG) maka pada hari Kamis, tanggal 18 Maret 2021, bertempat di Command Room , Dinas Kominfo  dan Ruang Rapat Sermo Pemkab. Kulon Progo telah dilaksanakan Verifikasi Lapangan oloeh Tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)  RI. Verifikasi Lapangan tersebut dilaksanakan secara daring dalam rangka penerimaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya  (APE) yaitu penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota atas keberhasilan dalam pelaksanaan PUG.

Pelaksanaan verifikasi lapangan tersebut dihadiri oleh Bupati Kulon Progo Bapak Drs. H. Sutedjo, Ketua Kelompok Kerja PUG ( Kepala Bappeda), Driver PUG yaitu Dinas Sosial PPPA, BKAD, Inspektorat Daerah dan Bappeda beserta OPD dan Ormas yang tergabung dalam keanggotaan  Pokja PUG Kabupaten Kulon Progo. Selain itu juga dihadiri oleh LSM terkait yang melaksanakan program kegiatan PUG di Kulon Progo.

Dalam penyelenggaraan Verifikasi Lapangan tersebut dibuka oleh  Asisten Deputi Bidang Sosial Budaya Bapak Usman Basuni, selanjutnya sambutan dari Bapak Bupati Kulon Progo. Paparan tentang Implementasi PUG disampaikan oleh Kepala Bappeda selaku Ketua Pokja PUG Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan  Tim verifikasi lapangan dari Kementerian PPPA dipimpin oleh Ibu Sally Astuti Wardhani

Implementasi PUG di Kabupaten Kulon Progo tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama  lintas sektor dari OPD angggta Pokja PUG serta dukungan dari Ormas, LSM, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi  dan Media Massa yang tergabung dalam Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Kabupaten Kulon Progo ( PUSPA KU).

Semoga dengan verifikasi lapangan ini Kabupaten Kulon Progo nantinya  dapat memperoleh penghargaan APE dan meningkat peringkatnya dari tahun 2018 yaitu menjadi APE Tingkat Mentor.