Rakor Persiapan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2018

Kamis, 12 Juli 2018 09:52:22 - Oleh : Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender

Dalam rangka menghadapi Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pengarusutamaan Gender tingkat Pusat tahun 2018 maka telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo serta  beberapa Ormas dan LSM  yang difasilitasi oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY. Rakor tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 9 Juli 2018 bertempat di Ruang Rapat Dinas Sosial PPPA Kabupaten Kulon Progo.

Dalam rakor tersebut Pemerintah DIY melalui BPPM DIY mengharapkan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dapat meningkatkan perolehan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang mana pada tahun 2016 Kabupaten Kulon Progo telah mendapatkan penghargaan APE tingkat Madya.

Untuk itu diperlukan kerjsama dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan pengarusutamaan gender baik dari OPD, Ormas, LSM  dan Dunia Usaha maupun Media Massa. Pengisian indikator Evaluasi PUG yang akan diisi secara online mulai akhir Jul 2018, sehingga OPD dan lembaga lain yang terkait agar dapat mendukung baik berupa data kebijakan ,program dan  kegiatan serta inovasi disertai dengan bukti -bukti pendukungnya.

Namun perlu dipahami bahwa perolehan penghargaan APE   bukan tujuan utama dari kegiatan evaluasi pelaksanaan pembangunan PUG, namun yang utama untuk mendorong kemajuan implementasi PUG itu sendiri di daerah, untuk meuwjudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kabupaten Kulon Progo, di mana dalam proses dan manfaat pembangunan tidak ada satupun kelompok masyarakat yang ditinggalkan/dipinggirkan.

  

« Kembali | Kirim | Versi cetak